Home » , , » Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode

Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode

IKL - Menjalankan Windows 10 Safe Mode berguna untuk melakukan proses load windows dengan seminimal mungkin kinerja system dan driver. Sehingga windowsnya menjadi lebih ringan dan cepat.


Windows 10 safe mode hanya untuk melakukan booting windowsnya saja bukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat seperti halnya windows normal. Biasanya sering digunakan untuk melakukan trobleshoot masalah-masalah pada windows normal.

Pada postingan kali ini saya akan menunjukan cara mengaktifkan fitur safe mode di windows 10 dan menjalankannya. Banyak cara yang bisa dilakukan tapi disini saya akan membahas cuma 2 cara yang sering di gunakan oleh banyak orang.

Cara Boot Windows 10 Safe Mode

  1. Menggunakan Advanced Startup Option

    Cara yang paling mudah adalah dengan menekan tombol Shift kemudian secara bersamaan klik restart.
    Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode
    Atau alternatifnya, buka Setting app > Update & Security > Recovery . Kemudian Pada Advanced Startup Klik Restart now.
    Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode
     Jika anda sudah melakukan salah satu cara di atas, komputer anda akan restart dan anda akan melihat tampilan seperti ini :
    Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode
    Klik pada Troubleshoot untuk memulai prosesnya.
    Sekarang ikuti langkah-langkah pada Advanced Startup Options windows 10. Prosesnya akan seperti ini - Troubleshoot > Advanced Options > Startup Setting > Restart > Tekan tombol 4.
    Jika anda melakukan langkah sesuai seperti dia atas, anda akan melihat tampilan seperti ini :
    Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode
    Tekan tombol '4' dan komputer akan restart dan masuk ke Safe Mode, atau tekan tombol '5' untuk masuk ke Safe Mode with Networking, atau tekan tombol '6' untuk masuk ke Safe Mode with Command Prompt.
    Setelah restart dan booting ke safe mode anda akan melihat tampilan warna hitam beserta ada tulisan safe mode di sudutnya.
    Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode

  2. Menggunakan Fasilitas System Configuration (msconfig)

     Dan cara lain yang juga mudah adalah menggunakan fasilitas bawaan windows yaitu System Configuration. Untuk masuk ke System Configuration bisa dilakukan dengan cara tekan tombol 'Windows + R' untuk memanggil fasilitas Run, kemudian ketik 'msconfig ' dan enter.
    Pada tab Boot ceklis Safe Boot dan Minimal option. Klik Apply/Ok kemudian restart komputer dan akan langsung masuk ke Safe Mode.
    Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode
    Dan jangan lupa sebelum keluar dari Safe Mode buka kembali msconfig dan hilangkan ceklis pada Safe Boot untuk melakukan booting ke windows normal kembali.
Sekian dari artikel saya kali ini, semoga anda sudah mengerti Bagaimana Cara Menjalankan Windows 10 dengan Safe Mode. Semoga artikel ini bisa membantu untuk melakukan troubleshoot ketika ada masalah-masalah dengan windows normal.

5 comments:

  1. gan , saya mao nanya , laptop saya kan masih windows 7 , ada file/folder yg tidak bisa dihapus , biasanya saya menggunakan safe mode untuk menghapusnya , tapi saat saya coba paki safe mode lagi , hanya ada 4 tulisan safe mode di setiap pojok dan tidak ada logo startnya , bagaimana agar bisa seperti normal kembali sebelumnya trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba masuk ke task manager atau Ctrl + Shift + Esc, kemudian klik new task dan isikan " explorer.exe ".
      itu akan memunculkan explorer secara paksa. jika tidak berhasil mungkin windows anda sudah error system sehingga explorernya tidak terbaca lagi. Trims

      Delete
  2. Maaf gan saya mau tanya, saya menggunaka window 10 tapi tidak ada menu pasword hanya tampilan jam waktu di hidupkan..mohon solusinya gan??

    ReplyDelete
  3. Maaf gan saya mau tanya, saya menggunaka window 10 tapi tidak ada menu pasword hanya tampilan jam waktu di hidupkan..mohon solusinya gan??

    ReplyDelete
  4. Setelah saya reset kok punya saya mentok di pemilihan bahasa mas,,
    Bahkan sampai 1harian gak pindah2,
    Minta saran nya mass

    ReplyDelete

Search Box