Home » , , , » File hilang setelah Upgrade ke Windows 10

File hilang setelah Upgrade ke Windows 10

File hilang setelah Upgrade ke Windows 10

Jika Anda menemukan bahwa file hilang setelah upgrade ke Windows 10, maka di postingan kali ini kami akan menyarankan beberapa cara untuk membantu Anda menemukan atau mengembalikan file Anda yang hilang.

File hilang setelah upgrade ke Windows 10

  1. Pertama-tama, cari file menggunakan Windows Search atau aplikasi pihak ketiga. Mungkin filenya telah dipindahkan ke tempat lain.
  2. Selanjutnya, pastikan bahwa Anda masuk windowsnya dengan profil Anda sendiri dan tidak dengan profil sementara atau guest user. Untuk mengakses file pengguna Anda, Anda harus masuk dengan nama pengguna Anda sendiri atau account administrator.
  3. Anda mungkin juga harus memeriksa apakah file Anda terjebak di account administrator yang cacat atau error. Mungkin setelah upgrade, file dipindahkan ke akun admin yang mungkin kini telah dinonaktifkan. Untuk memeriksa ini, ketik " Computer Management " pada kotak pencarian. Setelah terbuka Klik System Tools > Local Users and Groups > Users.

    File hilang setelah Upgrade ke Windows 10
    File hilang setelah Upgrade ke Windows 10
    Sekarang lihat apakah ada account Administrator yang memiliki panah mengarah ke bawah. Ini berarti account telah dinonaktifkan. Klik dua kali pada nama account tersebut untuk membuka kotak Properties dan hapus centang pada " Account is disabled ". Klik Apply / OK dan keluar.

    Restart komputer Anda, login dengan akun ini dan lihat apakah filenya sudah ada kembali.
  4. Jika Anda memiliki backup, restore filenya dari backup. Jika Anda tidak memiliki backupnya, lihat apakah Anda bisa mengambil file dari folder Windows.old. Anda juga bisa memanfaatkan Data Recovery Tool dari Microsoft.
  5. Ada tempat-tempat lain yang bisa juga Anda lihat. Jika folder ini ada pada sistem, coba anda lihat di :
    %SYSTEMDRIVE%\$INPLACE.~TR\
    %SYSTEMDRIVE%\$INPLACE.~TR\Machine\Data\Documents and Settings\<User_Name>\
    %SYSTEMDRIVE%\$WINDOWS.~Q\
    %SYSTEMDRIVE%\$WINDOWS.~Q\Data\Documents and Settings\<User_Name>\
    Hal ini berlaku dalam kasus upgrade Anda gagal atau dalam hal migrasi data yang tidak lengkap. Anda harus menampilkan file yang tersembunyi atau terhidden.
  6. Dalam kasus Anda tidak dapat menemukan lokasi data, gunakan command prompt Administrator untuk melakukan pemeriksaan pada seluruh drive untuk mencari file data yang hilang. Misalnya untuk memeriksa gambar, ketik perintah berikut satu demi satu:
    cd\
    dir *.jpg /a /s > %userprofile%\desktop\jpg-files.txt
    Setelah menjalankannya, Anda akan melihat jpg-files.txt di desktop Anda. Buka file tersebut maka anda akna melihat list-list file jpg yang ada pada drive anda.

    Jika Anda dapat mengidentifikasi lokasi di mana data telah disalin, gunakan drag dan drop atau robocopy.exe untuk membantu meletakkan file-file di lokasi yang lebih mudah diakses.
  7.  Jika Anda tidak dapat juga menemukan filenya pada laptop atau komputer, coba periksa \Windows\Panther\Setupact.log dan pastikan bahwa ini memang instalasi upgrade. Jika bukan, Anda dapat menentukan apakah partisi tersebut diformat dalam log, dan coba untuk memeriksa di partisi lain.
Mungkin itulah beberapa cara menemukan file yang hilang setelah upgrade ke windows 10.

1 comments:

  1. lengkap tutorialnya. thanks ya atas info nya. langsung praktek ini sih.

    ReplyDelete

Search Box