Home » , » Mengembalikan Foto dan File Yang Terhapus Di Memori Card

Mengembalikan Foto dan File Yang Terhapus Di Memori Card

Mengembalikan Foto dan File Yang Terhapus Di Memori Card
IKL - Memori Card adalah tempat penyimpanan data yang sering dipakai pada Ponsel ataupun Smartphone yang fungsi utamanya untuk menyimpan keabadian foto-foto dan menyimpan file-file yang penting. Namun, memori card sering kali bermasalah, baik itu masalah fisik ataupun non-fisik. yang fisik seperti rusak atau patah. Sedangkan untuk non-fisik seperti bervirus, minta di format, dan tidak terbaca. Namun Memori Card juga tidak lepas dari kesalahan penggunanya sendiri seperti terformat tanpa sengaja yang bisa menghapus semua data-data yang ada di memori card. Apa yang harus dilakukan jika hal tersebut sudah terjadi ?

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan Cara mengembalikan foto dan file yang terhapus di memori card tanpa di sengaja. Untuk melakukannya kita membutuhkan software pembantu yang bernama RECUVA. Sebenarnya banyak software yang bisa digunakan untuk mengembalikan foto dan file yang terhapus di memori card. Namun kita bahas yang recuva saja karna menurut saya software ini simple dan mudah di operasikan. Oke langsung saja berikut :

Cara mengembalikan file dan foto yang terhapus di memori card :

  1. Pertama anda harus menyiapkan kabel data dan sebuah laptop atau komputer.
  2. Download Program Recuva.
  3. Sambungkan Kabel data dari Hp ke Laptop
  4. Setelah selesai jalankan software Recuva.
  5. Nanti akan ada penjelasan tentang software ini, klik next saja.
  6. Kemudian anda akan disuruh memilih file type seperti apa yang ingin anda kembalikan. Contoh, file foto, music, dll. Jika anda ingin mencari sumua type file maka pilih All type karna nanti akan disearch semua file yang sudah terhapus, tapi akan memakan waktu yang lama.
    Jika anda hanya ingin mengembalikan file yang type foto saja, anda pilih Pictures Type. Begitupun dengan yang lainnya seperti music type, dll.
  7. kemudian klik next.
  8. pilih in a specific location, kemudian browse ke lokasi Memori Card anda, klik next.
  9. Centang Enable Deep Scan. Supaya Pencarian file-filenya lebih dalam dan persentase untuk mendapatkan file yang terhapus anda lebih besar. Klik Next.
  10. Proses Scanningnya akan berjalan dan membutuhkan waktu yang agak lama jika kapasitas Memori Cardnya semakin besar. (3 Stage Scanning ).
  11. Setelah scanningnya selesai nanti akan ditampilkan semua file yang sudah terhapus anda tinggal memilih dengan cara drag mouse pada file-file yang diinginkan saja kemudian klik Recover.
  12. Kemudian pilih lokasi untuk menyimpan file yang direcoveri tersebut, misal di Partisi D:/ buat folder Recover atau terserah anda.
  13. kemudian Proses Recoverinya akan berjalan seperti ketika kita mengcopy file.
  14. FINISH. File-file yang sudah terhapus sudah dikembalikan di folder yang anda buat tadi.

Itulah Cara Mengembalikan Foto dan File Yang Terhapus Di Memori Card dengan mudah menggunakan Recuva. Semoga artikel ini bermanfaat :) terima kasih sudah mengunjungi blog sederhan ini.

Laptop anda masih menggunakan windows 7 atau 8 ? sekarang windows 10 udah dirilis lho, jangan mau ketinggalan. karna windows 10 ini adalah windows terakhir dari microsoft yang merupakan gabungan dari semua versi windows dari dulu. ( Perfect Windows ). Silahkan simak disini untuk
Cara Upgrade Windows 7/8 ke Windows 10 Gratis. Windows 10 ini dikasih gratis lho dari microsoft untuk 1 tahun pemakaian. Rugi kalau tidak sempat mencobanya :).

Salam Blogger.

0 comments:

Post a Comment

Search Box