Home » » Mengatasi Laptop Tidak Tampil Layar

Mengatasi Laptop Tidak Tampil Layar

Mengatasi laptop tidak tampil layar

Mengatasi Laptop Tidak Tampil Layar - Ketika kita sedang harus melakukan suatu pekerjaan yang sangat penting tetapi tiba-tiba layar laptop kita tidak mau tampil atau blank. Pasti kita akan sangat-sangat emosi bukan ? Tapi tunggu dulu jangan sampai emosi kita tidak bisa terkontrol sehingga anda akan membantingkan laptop anda ke tembok. Bukan hal yang di anjurkan.

Disini kita akan membahas apa sih penyebabnya laptop tidak tampil layar ? Dan bagaimana solusinya.


  1. Jika anda mempunyai komputer (PC), kita bisa mengecek layar laptop kita terlebih dahulu dengan cara sambungkan kabel VGA komputer dengan Laptop. Perhatikan layar monitor komputer, jika monitor tersebut layarnya hidup seperti di laptop maka :
    • kemungkinan yang pertama inverter LCD laptop anda rusak, harus diganti dengan inverter baru.
    • kedua, LCD anda rusak. Maka LCDnya harus diganti baru.

  2. Jika setelah disambungkan dengan monitor tapi layar monitornya juga tidak tampil, maka :
    • RAM (Random Access Memory) tidak berfungsi dengan baik kemungkinan ada kelonggaran pada slot RAM. Maka anda bisa mencari tempat letak RAM dibelakang laptop kemudian anda buka penutup RAMnya dan cabut RAM dari slot kemudian bersihkan slot jika ada debu, dan pasang kembali RAMnya dengan baik. Pastikan tidak longgar.
    • Tes menggunakan RAM lain yang masih bagus. Cabut RAM yang lama kemudian pasang RAM yang lain yang masi bagus. Jika layarnya tampil normal. Berarti RAM anda sudah rusak, maka RAMnya harus diganti yang baru.
  3. Jika layarnya kekurangan cahaya atau gelap atau redup, maka :
    • Inverter LCDnya sudah lemah tidak bisa bekerja dengan optimal, maka anda perlu mengganti dengan inverter yang baru.
Oke itu saja yang bisa saya bagikan dulu jika ada penambahan lagi akan saya update kembali. Dan saran saya untuk mengatasi laptop tidak tampil layar anda bawa ke teknisi komputer terdekat supaya bisa diketahui kerusakan yang lebih lanjut.

Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Search Box